Bedah Kisi-Kisi USBN PAI SD K13 (1) : Memahami Pesan-Pesan Pokok Q.S. Al Fatihah dan Q.S. Al Ikhlas

4986


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba membedah kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/2018.

Standar Kompetensi yang akan kita bedah pada kali ini adalah: Memahami pesan-pesan pokok Q.S. Al Fatihah dan Q.S. Al Ikhlas.

QS. Al Fatihah
Surah Al Fatihah terdiri dari 7 ayat dan merupakan surah pertama dalam Al Qur’an. dalam QS. Al Fatihah tergolong Surat Makkiyyah, yaitu surat yang diturunkan di Mekah sebelum Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah. Perkataan Al-Fatihah berarti “pembuka”. Surat ini dinamakan Surat Al-Fatihah karena menjadi pembuka kitab suci Al-Qur’an. Ia merupakan surat yang pertama dari segi penempatannya dalam susunan Kitab Suci Al-Qur’an. Perkataan Al-Fatihah yang menjadi nama dari surat ini dapat juga berarti “pembuka yang sangat agung bagi segala macam kebajikan.”

Adapun Pesan-pesan pokok yang terkandung dalam QS. Al Fatihah ini antara lain:
1. Tauhid (Keesaan Allah), yaitu terdapat pada ayat Al-hamdulillahi Rabb Al-‘Alamin dan Iyyaka Na’budu wa Iyyaka Nasta’in.

2. Ibadah (Ketaatan kepada Allah), yaitu terdapat pada ayat Iyyaka Na’budu wa Iyyaka Nasta’in.

3. Jalan menuju kebahagiaan, yaitu terdapat pada ayat Ihdina al-shirath al-mustaqim.

4. Janji dan ancaman, yaitu terdapat pada ayat Al-Rahman Al-Rahim dan Malik Yawm Al-Din.



5. Kisah-kisah umat pada zaman dahulu, yaitu sebagaimana diisyaratkan pada ayat “Shirat alladzina an’amta ‘alaihim ghayr al-maghdhubi ‘alaihim wala al-dhallin”. Dalam ayat tersebut disebutkan tiga golongan manusia, yaitu orang-orang yang diberi nikmat, orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat.

QS. Al Ikhlas
Surah Al Ikhlas terdiri dari 4 ayat. Surat ini dinamakan Al Ikhlas karena di dalamnya berisi pengajaran tentang tauhid. Oleh karena itu, surat ini dinamakan juga Surat Al Asas, Qul Huwallahu Ahad, At Tauhid, Al Iman, dan masih banyak nama lainnya.

Adapun kandungan dari QS. Al Ikhlas adalah penjelasan mengenai keesaan Allah serta kesempurnaan nama dan sifat-Nya.

Demikian materi bedah soal nomor 1 USBN PAI Kurikulum 2013 Tingkat SD Tahun Pelajaran 2017/2018.
Semoga bermanfaat dan mempermudah BApak/Ibu guru dalam menyiapkan USBN tahun ini. Amin!

Komentar Pengunjung