Simulasi Pendaftaran Seleksi CPNS 2018

675


Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 akan dibuka mulai 19 September 2018. Sebelum pendaftaran dimulai, baiknya Saudara-Saudari yang akan mengikuti seleksi CPNS melakukan Simulasi pada laman https://sscntraining.bkn.go.id/.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1: Pengecekan Identitas
Pada langkah ini, calon peserta diwajibkan memilih jenis formasi yang akan diikuti.
Formasi yang ada pada seleksi tahun ini adalah:

  • Disabilitas Fisik *): Surat keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitasnya.
  • Putra Putri Papua/Papua Barat *): akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir yang bersangkutan merupakan keturunan Papua/Papua Barat dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku.
  • Lulusan Terbaik/Cumlaude *): Lulusan S1 berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) berasal dari Perguruan Tinggi akreditasi A/Unggul dan Program Stydi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.
  • Diaspora: WNI yang menetap di luar Indonesia dan memiliki Paspor Indonesia yang masih berlaku serta bekerja sebagai tenaga profesional di bidangnya yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari tempat yang bersangkutan minimal selama 2 (dua) tahun. Tidak sedang menempuh post-doctoral yang dibiayai pemerintah.
  • Olahragawan/Olahragawati Berprestasi Internasional: Termasuk atlet berprestasi Internasional yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga merujuk kepada ketentuan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 6 Tahun 2018.
    Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II: Eks THK2 yag terdaftar dalam database BKN dan memenuhi persyaratan perundang-undangan sebagai Tenaga Pendidik atau Tenaga Kesehatan.
Baca Juga:  Pengumuman Seleksi CPNS 2018 Mahkamah Agung

Setelah memilih jenis formasi, calon pendaftar mengisi Nomor Induk Kependudukan (sesuai KTP) dan Nomor Kartu Keluarga / NIK Kepala Keluarga.

Selanjutnya isi chapta sesuai angka-angka atau huruf yang muncul. setelah itu klik “LANJUTKAN”

Langkah 2: Lengkapi Data
Pada langkah ini, calon pelamar diminta melengkapi data sesuai nama, tempat dan tanggal lahir sesuai dengan Ijazah yang akan digunakan di dalam pendaftaran CPNS 2018.

Pada langkah ini, calon pelamar diminta mengisi email aktif, password, menjawab pertanaan pilihan, dan upload Pas foto berlatar merah dengan ekstensi jpg/jpeg (maksimal 200 Kb)

Setelah semuanya lengkap… Calon peserta klik DAFTAR

Langkah 3: Pembuatan Akun Berhasil
Calon pelamar akan mendapat pesan “Selamat … berhasil daftar pada Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional Anda hanya dapat melakukan pendaftaran 1 [satu] kali dengan NIK Anda. “

Baca Juga:  Sah! Honorer K2 dan Honorer Lainnya Akan Diangkat Menjadi PPPK Jika Tak Lulus Tes CPNS

Catat dan simpan User NIK dan Password Anda yang telah terdaftar. Silakan melakukan Cetak Kartu Informasi Akun pada tombol “Cetak Informasi Pendaftaran”

Komentar Pengunjung