Tujuan Jiwa dan Hati Kita


Terkadang kita sering salah kaprah dalam mengejar mimpi-mimpi kita. Fokus kita hanya pada target, bukan pada bisikan suci jiwa kita.

Itulah terkadang yang menyebabkan sebagian kita, dalam kegagalan kita langsung ke jalan kecewa, dan jarang meniti jalan taqwa.

Syeikh Abdul Qadir Jailani pernah berpesan:

Jangan sampai tujuan hidupmu semata pada makanan yang sedang engkau kunyah, minuman yang engkau teguk, pakaian yang engkau kenakan, tempat tinggal yang engkau diami, dan kekayaan yang engkau kumpulkan. Semua itu adalah tujuan nafsu dan syahwat.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, Tujuan hakiki dari hati dan batin kita adalah pencarian akan Allah, Tuhan Semesta Alam. Dunia memiliki pengganti, yakni akhirat. Makhluk juga memiliki pengganti, yakni Sang Khalik.

Apa saja yang engkau tinggalkan di dunia ini, maka engkau akan mendapatkan gantinya yang lebih baik di akhirat kelak. Perkirakan saja usiamu yang masih tersisa beberapa hari lagi dan gunakanlah untuk persiapan menuju akhiratmu, serta bersiaplah menyambut datangnya Malaikat maut dengan perintah Tuhanmu.

Mari kita berbenah...
Semoga ikhtiar kita tidak hanya menghasilkan lelah karena Lillah,
Melainkan karena Allah-lah ikhtiar berbuah berkah.

Apa Komentarmu